Latest Updates

Manfaat Pijat Payudara

Pijat memang diketahui bisa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk melakukan pijat payudara. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan melakukan pijat payudara?

Texas Institute of Functional Medicines menuturkan pijat payudara adalah tindakan memijat dan membelai payudara secara perlahan dengan menggunakan tekanan ringan hingga sedang. Pijat payudara adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan payudara.

Dalam melakukan pijat payudara seseorang bisa melakukannya seorang diri atau menggunakan bantuan pasangan. Tujuan utamanya adalah membersihkan tubuh dari racun berbahaya serta memperindah penampilan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang melakukan pijat payudara.

1. Menjaga bentuk payudara

Pijat berguna menjaga bentuk payudara dan mencegahnya agar tidak kendur. Hal ini karena pijat payudara bisa merangsang sirkulasi yang diperlukan dalam menjaga jaringan payudara sehat, serta memperkuat ketahanan jaringan otot dan membangun ketahanan pada ligamen.

Selain itu pijat ini juga membuat payudara menjadi lebih kencang sehingga tidak melorot, hasilnya akan memiliki garis payudara yang lebih menarik.

2. Manfaat terapi

Pijat payudara juga bisa menjadi teknik penyembuhan yang baik untuk rasa sakit atau nyeri di payudara termasuk yang terkait dengan jaringan parut, karena sentuhan lembut dan pijat bisa bersifat terapeutik atau terapi.

Pijat ini bisa mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan di payudara serta melemaskan kekakuan atau ketegangan pada ligamen.

3. Manfaat kesehatan

Manfaat kesehatan yang didapat dari pijat payudara adalah bisa menghilangkan racun dari sistem limfatik tubuh, karena racun ini menghambat sirkulasi sehat di payudara.

Pijat ini juga merangsang drainase sistem limfatik yang menghasilkan produk limbah bahaya dan memungkinkan lebih banyak nutrisi ke jaringan payudara.

4. Bentuk pencegahan dan deteksi dini

Pijat payudara diketahui bisa membantu deteksi dini jika ada benjolan atau suatu kelainan di payudara. Deteksi dini akan menjadi kunci untuk menyelamatkan hidup.

Untuk itu pijatlah payudara secara teratur dan ditambah pemeriksaan penunjang jika sudah berusia di atas 40 tahun sebagai bentuk pencegahan.

Saat Haid Wanita Lebih Rentan Mengalami Masalah Mulut

Masalah mulut kerap mampir sementara Anda merasa teratur menjaga kesehatan area ini? Bisa jadi itu ada hubungannya dengan siklus haid.

Peneliti Case Western University mengungkap bahwa perubahan kadar hormon dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan mulut. Itulah sebabnya wanita lebih rentan mengalami gangguan mulut, meskipun cenderung lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut dibandingkan pria.

"Jaringan gingiva memiliki banyak reseptor estrogen yang merespons fluktuasi hormonal. Akibatnya, Anda mungkin melihat gejala di mulut terkait siklus menstruasi," kata Susan Karabin, mantan presiden American Academy of Periodontology.

Yang paling terasa, sekitar dua hari menjelang haid. Sensitivitas di area mulut biasanya memburuk. "Tingkat estrogen yang tinggi beberapa hari sebelum haid dapat menyebabkan pembengkakan gusi dan peradangan," ujar Karabin.

Atas temuan itu, Karabin merekomendasikan jadwal terbaik pergi ke dokter gigi adalah setelah haid. Ini karena kadar hormon sudah menurun sehingga mengurangi sensitivitas atau rasa tak nyaman yang muncul akibat tindakan dokter, demikian dilaporkan Women's Health.

Terbaru