Latest Updates

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami


Kulit wajah seperti pori-pori jeruk? Adakah tips mengecilkan pori-pori wajah secara alami? Mari kita bahas satu persatu cara mengatasinya.

Sesungguhnya lubang pori pori wajah besar atau kecil lebih utama dipengaruhi oleh faktor genetik. Seiring bertambahnya usia, pori-pori umumnya akan membesar karena semakin berkurangnya elastisitas kulit.

Beberapa penyebab Pori-Pori Wajah Membesar
Terjadi penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau kosmetik
Pemakaian kosmetik yang tidak tepat dalam jangka waktu tertentu
Produksi minyak wajah yang berlebih
Kulit wajah yang kebersihannya tidak terjaga

Mulailah setiap malam membersihkan muka sebelum tidur dengan seksama. Meskipun setiap hari Anda hanya menggunakan make up ringan seperti bedak bayi, pelembab maupun lipstik. Dengan membersihakn muka secara teratur artinya Anda melepaskan kotoran dan minyak yang menyatu di kulit wajah dan memberikan kesempatan pada kulit wajah untuk bernafas dan sel-sel kulit mendapatkan oksigen yang cukup.

Gunakan sabun yang mengandung salicylic acid untuk mencuci wajah. Karena sabun ini akan menghancurkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan membantu memperbaiki permukaan kulit wajah.

Gunakan pelembab yang lembut, hindari pelembab yang mengandung minyak, dan piliha yang tidak menyebabkan alergi. Untuk beberapa wajah, salicylic acid dapat menyebabkan iritasi.

Bila Anda melakukan aktivitas luar ruang, gunakan sunscreen. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif tidak kuat bila kulit wajah terpapar matahari langsung dimana sinar matahari dapat merusak lapisan-lapisan kolagen pada wajah Anda..

Cara Mengecilkan Pori Pori Kulit Wajah
Bersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan kemudian bersihkan dengan sabun pembersih yang lunak.

Oleskan Krem penghalus wajah. Usapkan sesuai rotasi pada daerah kulit kasar dan berkomedo. Lakukan 2-3 menit kemudian bilas dengan air mengalir (kran).

Bila kulit Anda termasuk type kulit wajah kering. Cobalah pijat wajah Anda perlahan dengan krem yang mengandung minyak zaitun dan vitamin A. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga dan merawat kelembutan dan kelenturan kulit wajah. Lakukan selama paling tidak 10 menit.

Oleskan krem masker yang mengandung sari jeruk nipis sehingga dapat mengurangi lemak wajah, mengencangkan sekaligus menghaluskan kulit.

Bilas dengan air hangat. Angkat masker dengan menggunakan spon masker.

Oleskan penyegar untuk mengembalikan kesegaran kulit.
Bila Anda menginginkan cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami, maka Anda dapat mencoba bahan ini.

Tomat
Belah buah tomat menjadi dua, lalu haluskan dengan blender. Oleskan jus tomat pada wajah. Diamkan sekitar 15 menit. Bilas dengan air.

Baking Soda
Gunakan sekitar dua sendok makan soda kue, campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit Anda. Biarkan hingga kering, bilas dengan air.

Cuka Apel
Campur sekitar tiga sendok makan cuka sari apel dan satu sendok air, aduk rata. Oleskan pada wajah Anda dengan bola kapas.

Catatan : sebelum mencoba satu dari tiga ramuan itu, pastikan wajah Anda bersih. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah. Bila proses masker telah selesai, gunakan air dingin untuk bilas. Air dingin berguna untuk membantu menutup dan mengecilkan pori-pori di wajah.

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita
Bila Anda ingin mengetahui masa subur wanita untuk program hamil, maka Anda harus mengetahui informasi seperti siklus haid, keadaan seviks, suhu tubuh dan pengecekan dengan USG. Hubungan suami istri sebaiknya dilakukan pada saat masa subur dimana sel-sel telur yang ada di dalam indung telur (ovarium) sudah matang dan siap dibuahi.

Berikut beberapa cara mengetahui masa subur wanita :
Siklus haid. Wanita memiliki siklus haid rata-rata 28-30 hari atau 22-35 hari. Sel telur berovulasi atau keluar dari indung telur pada pertengahan masa haid, yakni sekitar hari ke-14 hingga hari ke-16 dihitung dari hari pertama haid. Sehingga, 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah perkiraan masa subur wanita. Saat inilah keadaan yang memungkinkan bagi sel telur untuk dibuahi.

Getah lendir leher rahim (serviks). Masa subur wanita dapat diketahui dengan mengamati perubahan kekentalan lendir yang keluar dari vagina. Lakukan pengamatan secara rutin setiap pagi. Bila lendir yang keluar pada masa subur akan terlihat seperti daun pakis, bersifat kenyal, tidak terputus jika dipegang dan ditarik memanjang, serta lengket seperti agar-agar.

Suhu tubuh. Ketika sel-sel telur wanita matang, rahim akan bersiap-siap menerima sel telur yang berhasil dibuahi. Pada keadaan ini, suhu tubuh wanita akan meningkat. Untuk mengetahui rentang masa subur wanita, selalu amati pola kenaikan suhu tubuh. Caranya adalah dengan melakukan pengukuran suhu di pagi hari, setiap hari pada jam yang sama, selama paling tidak 3 bulan. Ukurlah suhu tepat saat bangun tidur, dan belum beraktivitas apa pun. Catatlah data suhu sehingga membentuk kurva. Bila Suhu di atas kurva normal menunjukkan bahwa hal tersebut masuka dalam masa subur.

Ultrasonografi (USG). Penentuan masa subur wanita dengan cara ini dilakukan secara serial, selama 3-5 hari, berdasarkan siklus haid. Hasil pemantauan ini bisa diketahui kapan sel telur mulai terbentuk di dalam indung telur, kapan sel telur menjadi matang, hingga kapan sel telur dikeluarkan. Nah, metode ini cocok bagi wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Tips Cara Mencukur Bulu Yang Aman

Pertumbuhan bulu-bulu yang tidak diinginkan di area seperti ketiak, kaki atau tangan bagi beberapa orang tentu sangat mengganggu penampilan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu tersebut, salah satunya dengan mencukur, melakukan perawatan waxing di salon kecantikan, bahkan bisa juga dengan laser.

Namun terkadang, ditengah aktivitas yang padat, melakukan perawatan di salon sangat sulit dilakukan. Untuk itu, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara mencukur atau shaving. Namun seringkali terjadi iritasi setelah pencukuran bulu. Agar terhindar dari iritasi, ikuti tips mencukur bulu yang aman seperti dikutip dari Daily Glow berikut ini:

1. Hindari Mencukur di Daerah Iritasi
Menurut Jessica Wu, MD, asisten profesor dermatologi klinis di University of Southern California Medical School, sebelum mencukur area-area sensitif seperti daerah ketiak, pastikan Anda menghindari mencukur bagian yang kemerahan karena iritasi dari kegiatan mencukur sebelumnya, karena akan membuat kulit lebih teriritasi. Sebaiknya, tunggu sampai kulit sembuh dan bulu telah tumbuh. Agar terhindar dari iritasi, gunakan krim khusus shaving.

2. Cukur Ke Arah Berlawanan untuk Bulu Ketiak
Mungkin Anda sering dengar, untuk mendapatkan hasil cukuran yang baik, Anda harus mencukur sesuai dengan arah pertumbuhan rambut. Namun, mencukur sesuai arah rambut hanya berlaku untuk rambut-rambut halus bagian kaki dan tangan. Untuk rambut halus di daerah ketiak, Anda bisa mencukurnya dari arah yang berlawanan.

3. Mengatasi Kulit yang Teriritasi
Ketika Anda menyadari kulit Anda teriritasi setelah mencukur, segera oleskan gel atau lotion yang mengandung lidah buaya untuk membantu mendinginkan kulit teriritasi. Atau jika kondisi iritasi memburuk, segera kompres area tersebut dengan meletakkan handuk dingin di daerah tersebut.

4. Benzoyl Peroxide
Ketika mencukur, Anda mungkin menemukan rambut yang tumbuh kedalam dan membuat tampilan ketiak menjadi tidak bersih, dengan bintik-bintik hitam seperti bulu yang mau tumbuh. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide yang akan menghambat pertumbuhan rambut tersebut dan membuat kulit tetap bersih. "Benzoyl Peroxide mengandung antiseptik dan mencegah folikel rambut menjadi meradang," jelas Doris Day, MD, seorang asisten profesor dermatologi klinis di New York University Medical School.

Terbaru