Latest Updates

Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Karena ingin tampil cantik dan sempurna, tak sedikit orang menggunakan bahan kimia untuk rambut mereka. Bahkan ada pula yang mengubah tekstur asli rambut seperti pelurusan atau pengritingan. Bahkan kebiasaan-kebiasaan sepele yang kita tidak tahu ternyata dapat memperburuk kualitas rambut, seperti :

1. Mengikat Rambut

Terlalu sering mengikat rambut dapat mengakinatkan kerontokan. Mengapa? karena kondisi rambut yang terikat dapat membuat kulit kepala tegang & stres. jangan menguncir rambut seharian. Berikan waktu untuk beristirahat dengan menggerainya. Mengikat rambut memang membuat penampilan menjadi lebih rapi, tapi pikirkan juga akibatnya..belum lagi sakit kepala akibat peredaran darah sekitar kepala yang kurang lancar.

2. Menggunakan Hair Dryer

Mengeringkan rambut dalam keadaan sangat basah langsung dengan hair dryer dapat mengakibatkan rambut rapuh dan mudah patah. Mengeringkan rambut juga ada aturannya. Sebaiknya keringkan dulu sebentar, supaya tidak terlalu basah baru Anda dapat menggunakan hair dryer, itu pun dianjurkan dengan suhu yang tidak terlalu panas. Maksimal menggunakan hair dryer adalah 20 menit.

3. Mengubah Tekstur Rambut

Proses pelurusan atau pengritingan rambut tentunya sangat 'menyiksa'. Penggunakan bahan kimia dan alat pencatok rambut juga mengancam keindahan alami rambut. Kenali dengan baik tekstur rambut Anda, dan cari cara yang tepat untuk merawatnya. Seperti halnya rambut yang tipis, jangan terlalu banyak menggunakan bahan kimia karena akan membuatnya semakin rapuh.

4. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Siapa bilang mencuci rambut setiap hari akan membuat rambut berkilau dan sehat? Kebiasaan tersebut justru membuat kulit kepala kehilangan minyak alami yang dibutuhkan rambut. Padahal minyak alami itulah yang diproduksi kulit kepala untuk dibawa sampai keujung rambut agar rambut terlihat sehat. Jika memungkinkan cuci lah rambut 2-3 hari sekali saja.

5. Sisir yang Salah

Menggunakan sisir pun juga tidak boleh sembarangan. Sisir yang salah dapat merusak rambut. Semakin panjang rambut, pilihlah sisir yang lebih besar agar mudah merapikannya sehingga tidak membuatnya patah / kusut.

6. Kurang Perawatan

Begitu tahu kalau rambut Anda bermasalah, segeralah lakukan perawatan rambut yang tepat. Membiarkan rambut dalam kondisi seperti itu justru akan membuatnya semakin sulit diatasi. Jika semakin parah, hubungi ahli perawatan rambut yang dapat menanganinya

7. Bahan Kimia

Usahakan tidak terlalu banyak & sering menggunakan produk berbahan kimia, seperti gel, wax atau hair spray. Karena sering menggunakan produk tersebut dapat menyebabkan rambut lembab, lengket dan mudah berketombe bila tidak dibersihkan dengan benar.

Jangan lupa perhatikan dan kurangi kebiasaan-kebiasaan Anda yang dapat merusak rambut.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Merawat kulit berminyak memang harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, Bila anda adalah salah satu dari jutaan orang yang mempunyai kulit berminyak pasti ingin tahu bagaimana cara merawat kulit berminyak dengan benar bukan?

Karena bila perawatan yang anda lakukan tidak benar maka malah akan menimbulkan masalah pada kulit berminyak anda. Dari mulai jerawat, komedo dan kulit menjadi kering tidak merata adalah beberapa akibat dari cara merawat kulit berminyak yang salah.
Tentang Kulit Berminyak

Sebelum ke pokok masalah cara merawat kulit berminyak, kita harus tahu dulu yang dinamakan kulit berminyak itu yang apa dan bagaimana.

Kulit berminyak ditandai dengan permukaan kulit yang terlihat mengkilat, tebal dan kusam dengan pori-pori kasar. Dan bila hal ini terjadi secara terus menerus tanpa adanya perawatan, maka akan terjadi penumpukan minyak pada pori-pori kulit yang akan menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.

Faktor yang menyebabkan timbulnya kulit berminyak ada beberapa macam. Faktor utama adalah faktor gen atau keturunan, dan untuk yang satu ini mungkin tidak bisa disembuhkan tapi tetap butuh perawatan.

Faktor pola makan yang tidak seimbang antara gula air dan garam juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit berminyak. Untuk yang satu ini anda butuh diet untuk mengatasinya.

Faktor hormon yang tak menentu juga bagian dari timbulnya kulit berminyak. Biasanya terjadi pada masa puber. Remaja yang sedang menginjak dewasa pasti mengalami keadaan hormon yang tak menentu ini. Masalah kulit berminyak yang di sebabkan oleh hormon yang tak menentu ini juga dialami saat Ibu hamil.

Cara Merawat Kulit Berminyak

Secara umum, cara merawat kulit berminyak adalah dengan diet yang tinggi protein dan sedikit gula, cairan dan garam yang memang direkomendasikan oleh dokter bagi siapa saja dengan masalah kulit berminyak.

Dan tetap, sayuran dan buah-buahan adalah bagian yang tak terpisahkan dari cara merawat kulit berminyak, terutama yang mengandung banyak vitamin B2. Hindari soda, alkohol, gula, coklat dan makanan siap saji lainnya.

Gunakan sabun dan kosmetik dari bahan alami, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat dan jangan menggunakan sabun yang mengandung Alkohol. Menggunakan bahan kosmetik dan sabun dari bahan kimia terutama Alkohol akan mengakibatkan kulit anda alergi, dehidrasi dan juga timbulnya jerawat.

Jangan menggunakan air panas tapi gunakan air hangat-hangat kuku. Karena bila anda menggunakan air panas untuk membersihkan dan merawat kulit berminyak maka anda akan menghilangkan seluruh minyak yang ada di kulit sehingga kulit kita malah menjadi kering.

merawat kulit berminyak dengan fokus pada bagian yang berminyak saja, jangan semua bagian kulit yang tidak berminyak ikut-ikutan kita beri perawatan kulit berminyak. Karena hasilnya akan tidak maksimal. Dan jangan terlalu sering membersihkan wajah, cukup 1- 2 kali sehari.

Cara merawat kulit berminyak dengan memperhatikan kosmetik yang kita gunakan. Gunakan pembersih wajah dengan PH seimbang. Bila berpergian gunakan tisu penyerap kulit berminyak. Gunakan pelembab hanya pada bagian wajah anda yang berminyak. Produk kosmetik ini harus anda konsultasikan dengan dokter atau konsultan kecantikan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kulit berminyak anda.

Inilah beberapa cara merawat kulit berminyak yang bisa anda terapkan, dan selalu konsultasikan keadaan kulit anda dengan dokter ataupun konsultan kecantikan untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan keadaan kulit berminyak anda.

Penyebab Kulit Berminyak

Faktor penyebab kulit berminyak :
  1. Sudah pasti pola makan yang buruk akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan-makanan yang manis dan berlemak tinggi.
  2. Faktor Hormonal yang bisa menjadi salah satu pula mengapa kulit menjadi berminyak, hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber yang bisa menjadi pemicu.
  3. Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadi kadar minyak di wajah menjadi meningkat.
  4. Faktor keturunan bisa dikatakan juga menjadi factor kulit berminyak, biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya.
  5. Pengaruh obat-obatan seperti obat untuk KB bisa memicu kulit menjadi berminyak.

Terbaru