Rabu, 30 Mei 2012

Penyebab Ketombe

Ketombe bisa sangat mengganggu penampilan dan menyebabkan turunnya rasa percaya diri. Bagaimana ketombe bisa terjadi?

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya ketombe:

1. Psoriasis atau Penyakit Kulit Lain

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan kulit bersisik dan tidak rata.

Terkadang gejala ini muncul juga di kulit kepala sehingga menyebabkan kulit menjadi terkelupas dan menjadi serpihan atau ketombe.

Demikian pula eksim dan penyakit kulit lainnya dapat pula menyebabkan munculnya ketombe.

2. Alergi

Kulit kepala bisa mengalami reaksi yang buruk terhadap suatu produk perawatan rambut, sehingga akan menyebabkan kulit kepala menjadi pecah-pecah dan muncul ruam yang menimbulkan rasa gatal.

Ketombe bisa juga terjadi jika Anda tidak membilas atau mencuci dengan bersih setelah menggunakan perwarna rambut, sampo, atau kondisioner.

Tentu saja kondisi ini akan lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif.


3. Kulit Kepala Terlalu Berminyak

Sebagian orang berpikir bahwa kulit kepala yang kering akan lebih rentan terkena ketombe, namun sebenarnya justru kulit kepala yang berminyak yang lebih rentan terhadap ketombe.

Meskipun kulit kepala yang kering lebih mudah kehilangan sel-sel kulit, namun minyak yang ada di kulit kepala akan mengikat sel kulit tersebut menjadi serpihan putih yang menebal.

Masalah ini akan lebih parah jika Anda jarang mencuci rambut atau keramas. Mencuci rambut dengan sampo berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala.

4. Jamur

Setiap orang memiliki jamur yang di kulit kepala yang dikenal dengan nama Malassezia. Jamur ini berfungsi mencerna minyak di kulit kepala. Jika jumlah jamur di kulit kepala normal, maka Anda akan baik-baik saja.

Namun adakalanya jumlah jamur meningkat tidak terduga sehingga mengakibatkan tingginya pergantian sel kulit, yang hingga kini masih belum jelas apa penyebabnya.

Munculnya sel-sel kulit mati yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dan terbentuknya ketombe.

5. Stres

Meskipun stres itu sendiri biasanya tidak menyebabkan ketombe, namun bisa menjadi salah satu faktor risiko.

Tingkat stres yang tinggi dapat membahayakan fungsi normal seluruh tubuh, termasuk kulit kepala Anda, sehingga bisa menyebabkan munculnya ketombe

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Ketombe

0 komentar:

Posting Komentar